ZONA “NYAMAN” RUANG BERNAFAS CINTAMU

Zona nyaman seseorang atau yang sering kita kenal sebagai personal space tak bisa dipungkiri merupakan kebutuhan psikologis yang dimiliki setiap orang. Apakah orang orang tidak merasa terganggu kalau ada orang yang memasuki ruang pribadinya ?. Personal space bukan hanya berlaku pada larangan membaca buku harian seorang sahabat atau memaksa pasangan untuk memberitahukan password ponselnya. Bukan pula berlaku untuk aturan mengetuk pintu sebelum masuk ruangan bos atau mencuri lihat file file dan dokumen rekan kerja.
Ada aturan tak tertulis yang sudah dipahami di negara barat mengenai zona nyaman. Misalnya di Amerika, jika seseorang ingin menyendiri, mereka akan pergi ke taman sepi duduk di bangku kosong agar orang lain merasa risi duduk di sebelahnya. Mungkin berbeda di setiap negara dan budaya. Di Indonesia, mayoritas orang akan lebih nyaman berada di lingkungan yang ramai, seakan merasa takut kalau sendirian.
Terlepas dari budaya atau negaranya, setiap orang seharusnya menghormati orang lain, termasuk menjaga jarak zona nyaman setiap pribadi dirinya sendiri maupun orang lain agar kenyamanan dirinya dan orang lain tak ada yang terganggu. Yang jadi pertanyaan adalah apakah dalam hubungan percintaan personal space masih diperlukan ?
Apakah sepasang suami-istri masih memiliki hak tentang zona nyamannya masing masing ?
Apakah menjaga jarak zona nyaman masing masing masih dibutuhkan dalam relasi percintaan?
Meski Anda dan pasangan sudah menikah, zona nyaman sangat penting dalam hubungan dan diperbolehkan. Zona nyaman tidak akan merusak hubungan Anda dan pasangan asalkan disepakati secara bersama-sama. Dengan adanya personal space yang telah disepakati satu sama lain tandanya
Anda menghormati dan menghargai batasan pribadi masing-masing. kita juga harus menyadari hakikat kita sebagai makhluk sosial, dimana kita hidup di dunia pasti membutuhkan manusia lain.Karena kita saling membutuhkan, maka kita pun harus saling menghormati satu sama lain. Kamu nggak punya hak apa-apa untuk membatasi zona nyaman orang lain. Yang kamu punya adalah kewajiban untuk menghormati orang lain.
Anda dan pasangan bisa saling berdiskusi kira-kira batasan seperti apa yang perlu dihormati satu sama lain. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan sama-sama merasa aman, didukung, dan diterima. Namun, batasan privasi ini harus dibicarakan dan disepakati oleh kedua belah pihak tentunya.

Ribuan wanita dan pria single di SatukanCinta mencari sahabat, teman kencan, atau bahkan pasangan hidup. Bisa jadi Andalah yang ditunggu-tunggu!

Cari Teman Kencan dan Jodoh Wanita di SatukanCinta